Minggu, 21 Agustus 2022

Begini 5 Cara Mudah Membuat Chatbot WhatsApp Gratis

Pernahkah Anda memiliki chatbot di platform WhatsApp ? Jika tidak, apakah Anda tahu apa itu chatbot ? Nah, agar tidak penasaran dengan apa itu chatbot , kelebihannya dan cara membuatnya, ada baiknya membaca ulasan di bawah ini.

Apa itu chatbot WhatsApp ?

chatbot



Chatbot WA banyak digunakan untuk promosi dan transaksi komersial (Sumber: Pexels)

WhatsApp Chatbot (WA) adalah aturan otomatis dan perangkat lunak berbasis AI yang didukung oleh platform WhatsApp . Pengguna aplikasi WA dapat berinteraksi dengan chatbot melalui antarmuka obrolan, umumnya seolah-olah sedang berbicara dengan manusia. Namun, kumpulan balasan pesan adalah simulasi otomatis dari chatbot .

Secara khusus, chatbot WA adalah program yang berjalan terenkripsi pada platform WA. Pengguna WA dapat mengobrol dengan chatbots , bukan orang sungguhan atau pengguna sungguhan.

Chatbot WA juga bisa diartikan sebagai dukungan kecerdasan buatan, berupa robot virtual yang dapat merespon pengguna WA.

Keuntungan dari chatbot Whatsapp


Chatbot WA adalah fitur auto-responder untuk bisnis melalui aplikasi WhatsApp (Sumber: Pexels)

Secara umum, chatbot WA dapat memfasilitasi komunikasi antara pengguna atau pelanggan dengan perusahaan atau bisnis tertentu. Dengan chatbot WA ini, sebuah bisnis dapat mengotomatisasi praktik layanan pelanggan dengan menggunakan bot virtual untuk menyelesaikan keluhan pelanggan atau melakukan percakapan terperinci.

Untuk bisnis atau pengusaha, chatbot WA dapat mendukung bisnis mereka dan secara otomatis mengaktifkan komunikasi dua arah atau percakapan pelanggan. Pelanggan bisa mendapatkan berbagai informasi seperti status transaksi, pembelian, katalog dan lainnya yang berhubungan dengan toko.

5 cara membuat chatbot WhatsApp


Chatbot WA dapat dibangun oleh WhatsApp Business (Sumber: Pexels)

Sebelum membuat chatbot WA , Anda perlu mengetahui apa itu WhatsApp API atau ( Application Programming Interface). API WhatsApp adalah alat atau program untuk menghubungkan aplikasi dengan antarmuka yang memungkinkan bisnis menerima dan menanggapi pesan WA dari pelanggan tanpa batasan tertentu.

API WhatsApp biasanya dapat digunakan dalam satu nomor dengan banyak administrator. Selain itu, program ini memungkinkan pemilik bisnis untuk secara otomatis menyinkronkan obrolan, serta secara otomatis menyimpan nomor dan nama.

Ada 5 cara untuk membuat chatbot WA ini.

1. Masuk ke situs web WhatsApp API .

Langkah pertama untuk membuat chatbot WA adalah dengan mengakses situs web WhatsApp API menggunakan tautan di bawah ini. Setelah itu, Anda perlu mengisi beberapa formulir identifikasi dan memastikan bahwa bisnis Anda termasuk dalam kategori legal yang disetujui oleh WhatsApp . Anda dapat memeriksa detail bisnis WhatsApp dari tautan di bawah ini.

2. Tentukan jenis profil WhatsApp Business

Sebelum membuat chatbot, pengusaha juga harus menentukan jenis profil bisnis WA yang diinginkan . Di satu sisi itu adalah akun bisnis atau akun bisnis resmi dan di sisi lain itu adalah akun bisnis biasa. Akun dengan jenis bisnis resmi memiliki tanda centang atau ikon hijau di samping nama profilnya.

3. Unduh aplikasi WhatsApp Business .

Selain itu, pengusaha dapat mengunduh WhatsApp Business untuk membangun bisnis mereka secara virtual melalui WA. Pemilik bisnis dapat membuat chatbot dengan terlebih dahulu mengunduh WA Bisnis dari tautan di bawah ini.

Untuk pengguna Android , Anda dapat mengunduh aplikasi ini dari tautan di bawah ini. Pengguna iPhone dapat mengunduh WhatsApp Business dari tautan di bawah ini.

4. Mulai proses registrasi dan verifikasi

Selanjutnya, pengusaha perlu mendaftarkan WhatsApp API melalui WhatsApp Business Solution Provider . Setelah itu, pengusaha hanya tinggal menunggu konfirmasi resi.

Selain proses verifikasi di atas, pemilik bisnis juga harus mengintegrasikan Facebook Business Manager yang terkait dengan akun bisnis mereka. Proses ini dapat dilakukan pada link di bawah ini. Pemilik bisnis harus memberikan nama bisnis, URL situs web, domain email, dan SIUP/NIB/NPWP bisnis mereka.

5. Masukkan balasan atau percakapan otomatis Anda

Setelah mengisi formulir, pengusaha dapat mulai mengisi direktori bisnis WhatsApp dengan produk mereka. Selanjutnya pemilik harus mengisi beberapa jawaban terkait transaksi atau jual beli.

Lihat situs web Whatsapp Business untuk contoh penggunaan penjawab otomatis ini. Setelah itu, pemilik bisnis dapat secara otomatis mulai menggunakan fungsi chatbot dengan respons umum yang ada di dalam program.

Selain menggunakan fitur Whatsapp Business , pemilik bisnis juga dapat membuat chatbot menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat dengan mudah diunduh dari Google Play Store atau App Store . Beberapa situs web juga menawarkan layanan serupa untuk secara otomatis membuat chatbot bisnis untuk WhatsApp .

Nah , berikut ini cara mudah membuat chatbot WA untuk diterapkan pada usaha kecil Anda. Anda dapat mulai menjual produk melalui WhatsApp dan dengan mudah mengatur chatbot untuk bisnis Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Begini 5 Cara Mudah Membuat Chatbot WhatsApp Gratis

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan catatan jangan sampe komentar kamu mengandung SPAM - Terima kasih