Sunday, 30 June 2019

Begini cara terbaik melindungi akun facebook kamu dari para hacker


Hingga saat ini, media social seperti facebook masih jadi media sosial yang disukai oleh beberapa kalangan orang, khususnya remaja serta dewasa. Tidak hanya karena aplikasi ini nggak ngabisin banyak paket internet (kan cukup tuch, agar uang jajannya tidak habis buat beli paket data selalu.. hehe), muka baru facebook makin tampan dengan menambahkan fitur-fitur yang tidak kalah dengan media sosial lain.

Serta hal-hal lain yang jadikan facebook sangat ramai digunakan orang ialah kamu dapat berjualan atau ngelapak tanpa perlu menyewa tempat, toko, serta mengatur izin berjualan ?.

Oke, fitur-fitur baru di fb akan kita ulas lain barangkali ya. Kesempatan ini saya ingin mengulas permasalahan hacker. Dengan keringanan yang diberi facebook untuk beberapa pemakainya, pasti ada saja yang salah gunakan. Dialah hacker. Dari mulai hacker yang masih pemula/ masih coba-coba (umumnya sich ngehack account rekan sendiri, itu juga izin sama yang punyai account ?), sampai master hacker (ini nih yang bahaya ?).

Nah, umumnya akun-akun sebagai target beberapa hacker ialah account yang telah mempunyai banyak rekan/pengikut seperti account artis, atau akun-akun online shop. Maksudnya, tidak hanya untuk memperoleh banyak rekan dengan mudah dan cepat, hacking account facebook banyak juga dipakai untuk modus penipuan.

Berdasar narasi pengalaman dari rekan, banyak insiden penipuan lewat facebook. Seperti modus pinjam uang. Sebab yang dipakai ialah account facebook kita, tentunya rekan kita yakin serta langsung kirim uang, walau sebenarnya semuanya ialah tingkah hacker. Akhibatnya harus, si pemilik akun-lah yang perlu bertanggungjawab ganti kerugian rekan yang sudah terburu transfer.

Di bawah ini ialah cara-cara yang dapat dikerjakan untuk melindungi akun facebook kamu dari para hacker:


1. Pakai autentifikasi 2 faktor
Masuk ke account facebook kamu => Pengaturan
Masuk ke Pengaturan Akun => keamanan dan login


Pilih gunakan autentifikasi 2 faktor


Sebelum aktifkan autentifikasi dua unsur yakinkan nomer ponsel yang kamu sertakan di account fb ialah nomer ponsel yang masih aktif.
Kerjakan penyiapan

Kemudian facebook akan kirim kode autentifikasi ke nomer ponsel kamu. Serta turuti beberapa langkah seterusnya.
Saat autentifikasi dua unsur telah aktif, tiap log in lagi facebook kamu akan mendapatkan sms dari facebook. Ini misalnya


2. Nyalakan pemberitahuan log in account dari piranti asing

Triknya hampir serupa dengan aktifkan autentifikasi 2  faktor

Masuk ke account facebook kamu-> pilih setingan
Pilih setingan akun-> keamanan serta informasi masuk
Pilih temukan peringatan mengenai masuk tidak diketahui


Pada tulisan pemberitahuan click sunting serta ganti jadi menyala

Kemudian, account fb kamu akan aman dari piranti asing yang coba masuk ke account fb kamu. Facebook akan memberikan pemberitahuan bila account facebook kamu dibuka lewat piranti yang tidak biasa kamu pakai untuk log in. Walau yang log in dari piranti lain ialah kamu sendiri.
Nah, dengan dua cara tersebut, account facebook kamu dapat lebih aman dari hacker. Menahan lebih baik dibanding menyembuhkan kan?

Dibanding repot googling langkah menggantikan account facebook yang di hack, pasti lebih enak mengupdate setingan account facebook kamu supaya aman dari maling.

Diluar itu, langkah mencegah yang dapat kamu kerjakan dengan tidak memberitahu password facebook kamu pada siapa saja. Serta katakan rekan-rekan facebook yang kamu mengenal, bila mendapatkan inbox meminta transfer beberapa uang karena itu konfirmasikan langsung pada kamu lewat telephone/sms/whatsapp.
 Baca juga : Cara Melihat Aktivitas FB Orang Lain Walaupun Tidak Berteman

Bila account facebook kamu sudah terburu kebobol, karena itu yang butuh kamu kerjakan ialah katakan temanmu yang bersahabat dengan account facebook kamu untuk memberikan laporan account kamu yang telah terkena hack. Hingga account kamu yang terkena hack langsung bisa dihapus oleh faksi facebook. (Jika untuk menggantikan account facebook yang terkena hack kemungkinan kubahas di post seterusnya ya.. sebab sayamasih mencarinya rujukan. Hehehe)

Langkah-langkah berikut ini juga bisa digunakan untuk melindungi akun facebook Anda dari serangan hacker :


1. Pakai Password Yang Kuat
Password yang kuat ialah perlindungan penting account facebook yang kita punya. Tetapi masih beberapa orang yang condong "tidak perduli" akan ini. Jangan sampai memakai password yang lemah seperti 1111111, qwerty, tanggal lahir, gabungan angka saja, beberapa kata umum, atau password yang cuma terbagi dalam huruf kecil saja.

Password yang kuat ialah password yang terbagi dalam gabungan angka, gabungan huruf kecil atau besar/kapital, serta lambang (optional). Tetapi password harus tetap gampang diingat oleh pemiliknya. Jangan kamu membuat password yang begitu susah, yang mempersulit kamu untuk mengingatnya. Tips-nya ialah mengkaitkan password yang kamu bikin dengan suatu. Contoh; gWk3renkan? , password itu ialah kalimat "gue bagus kan?" yang telah diubah. Tak perlu begitu susah, pemakaian satu huruf kapital "W" angka "3" serta tanda pertanyaan "?" cukup sudah untuk mencegah Brute Force Attack yang berupaya menerka password yang kamu pakai.

2. Jangan Memakai Password Yang Sama Untuk Beberapa Jenis Account
Sebagian orang lakukan kekeliruan ini. Contohnya saja kamu telah memberikan perlindungan yang cukup untuk account facebook serta e-mail. Tetapi kamu lupa waktu memakai account friendster. Apa yang terjadi jika ada yang menjebol account friendster punya kamu, serta waktu itu password yang kamu pakai ialah password yang sama untuk akun-akun punya kamu lainnya? Karena itu, pakailah password yang berlainan untuk tiap account. Serta, yang paling penting ialah password e-mail. Jangan pernah password e-mail kamu sama dengan password yang kamu pakai pada account lain. Jangan takut untuk menulis password punya kamu serta menyimpannya dalam tempat yang tidak didapati orang. Sebab akan susah untuk mengingat beberapa password sekaligus juga.

3. Jangan Terima/Add Friend Request Dari Account Facebook Yang Meresahkan
Bila ada friend request dari account yang tidak kamu mengenal, karena itu lebih baik kamu susuri dahulu account itu sebelum menerimanya. Jumlahnya friend, mutual friend, informasi account, history posting/status, foto, dan lain-lain. Bila account itu mempunyai history yang begitu "bersih", cuma mempunyai 1 photo profil yang "menarik" tetapi belum pernah ditukar, karena itu lebih baik kamu menolaknya. Account semacam ini umumnya account palsu yang dibikin untuk arah tersendiri.

4. Ganti Setingan Privasi! Minimalkan Tampilan Informasi Account Ke Publik
Membuka seting account pada facebook, serta ganti setingan penampilan dari banyak hal yang beresiko bila dipertunjukkan ke publik. Contohnya nomer handphone, alamat, kode pos, tanggal lahir, dan lain-lain. Info itu bisa dipakai untuk lakukan tindak kejahatan oleh beberapa pelaku yang tidak bertanggungjawab. Mereka bisa memakainya jadi bahan untuk lakukan hacking, s/d penipuan. Karena itu ganti tampilan informasi itu dari publik ke privat, atau minimum tampilan cuma ke rekan saja (only friends).

5. Aktifkan Two-Factor Authentication Pada Security Seting
Two-Factor Authentication ialah feature yang disiapkan facebook untuk memkuat keamaan account punya pemakainya. Feature ini harus kamu aktifkan sendiri (tidak automatis). Disana akan disiapkan beberapa pilihan dimana kamu akan memperoleh kode ke-2 yang diperlukan untuk lakukan log in facebook. Kamu dapat memakai kode yang dikirim ke nomer hp-mu, memakai aplikasi code generator pada ponsel android, dan lain-lain. Langkah berikut benar-benar ampuh untuk menahan beberapa hacker atau rekan kamu yang iseng, untuk lakukan log in facebook memakai account punya kamu. Bahkan juga bila mereka sudah tahu password yang kamu pakai.

6. Jangan Asal Memberi Alamat E-mail serta Password Dengan Fakta Apa pun
Saat ini tehnik Phising telah makin ramai. Beberapa hacker menjebak korbannya dengan menipu si korban untuk memberi alamat e-mail serta password kepunyaannya dengan suka-rela. Misalnya saja register untuk terhubung web tersendiri, untuk download satu file, atau pesan lewat e-mail dengan iming-iming hadiah tetapi kamu diwajibkan memasukkan e-mail serta password untuk mengklaimnya. Di facebook juga jangan sampai kamu memberi password-mu pada account lain yang kamu mengenalnya atau tidak.

7. Pakai On-Screen Keyboard Untuk Memasukkan E-mail serta Password
Waktu kamu lakukan log in facebook pada computer yang bukan punya kamu (contohnya saja di warnet), tetap pakai On-Screen Keyboard untuk menulis e-mail serta password. Langkah berikut efisien untuk menghidari pencurian password yang memakai software berbentuk keylogger. Software yang umum dipakai untuk merekam semua kegiatan keyboard. Bila kamu lakukan input password lewat keyboard dengan cara langsung, karena itu si pemasang keylogger dengan benar-benar gampang bisa tahu password yang kamu tulis lewat cara lihat history pemakaian keyboard.

8. Jangan Memakai WiFi Gratis Yang Tidak Jelas Asal Usulnya
Pemakai jaringan WiFi ialah target empuk untuk hack type sidejacking. Tetapi bila memang benar ada WiFi gratis yang bisa dipakai pada umumnya, karena itu untuk mengunakannya lebih baik kamu menggunakan VPN serta tidak meluluskan pemakaian cookies lewat http, serta tetap kerjakan log off setelah pemakaian. Ini akan menyulitkan beberapa peretas yang berupaya memata-matai korbannya lewat jaringan WiFi.

Rasanya hanya ini langkah-langkah yang bisa saya share. Jika ada langkah yang lebih mudah dan cepat, pasti kutulis lebih detil supaya lebih gampang untuk dimengerti serta dicoba. Selamat membaca, serta coba. Mudah-mudahan berguna ya Guys.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Begini cara terbaik melindungi akun facebook kamu dari para hacker

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan catatan jangan sampe komentar kamu mengandung SPAM - Terima kasih