Tuesday, 5 March 2019

Tutorial Cara Jualan di Marketplace Facebook

Desofb.com || Mau tahu bagaimana cara jualan di marketplace facebook yang efektif dan mendatangkan banyak pembeli? Simak beberapa tutorial penting berikut.

Buat kamu para pedagang online, facebook telah merilis menu lapak yang sangat potensial untuk digunakan secara gratis. Marketplace facebook menawarkan opsi menu seperti marketplace pada umumnya, yakni kamu bisa sebagai pembeli maupun penjual.

Meskipun gratis, marketplace ini ternyata juga potensial untuk digunakan berjualan. Terlebih lagi jenis menu makanan, penjualannya sangat menjanjikan.

Membeli makanan online di layanan yang disediakan pengelola taksi online biasanya harganya lebih mahal dan ongkos kirimnya pun lumayan.

Marketplace facebook ini bisa langsung mempertemukan antara pembeli dan penjual sehingga harganya bisa lebih murah. Termasuk juga tariff ongkirnya, biasanya pedagang menyediakan kurir sendiri secara khusus.



Begini Cara Jualan di Marketplace Facebook yang Efektif

Buat para pengelola olshop sangat efektif menggunakan layanan marketplace facebook ini. Selain di fans page, marketplace menjadi fitur unggulan khusus yang ditawarkan facebook kepada penggunanya.

Baca Juga : Cara Membuat Tulisan Tebal di Facebook yang Mudah Tanpa Ribet

Dari pada kamu membuat postingan yang mengganggu pengguna atau teman facebookmu, tak ada salahnya kamu fokus mengelola marketplace facebook untuk jualan. Berikut ini panduan cara jualan di marketplace facebook yang bisa kamu lakukan:


  • Kunjungi Marketplace Lebih Dulu

Kamu sudah pernah membuka menu marketplace di facebookmu? Kalau belum cek lebih dulu.
Caranya mudah, buka beranda facebookmu, lalu lihat kolom bar di bagian kiri atas. Ada menu marketplace bergambar rumah, klik dan kamu akan langsung terhubung ke laman lapak milik facebook tersebut.

  • Posting Jualan

Ya, kalau kamu mau jualan, langsung saja posting produkmu di marketplace. Tak harus repot membuat akun khusus seperti di marketplace lainnya, akun kamu ya akun facebookmu.

Sekarang cek bagian kiri atas halaman marketplace, pilih menu ‘jual sesuatu’ berwarna biru lalu klik.
Upload foto produk yang akan kamu jual, pilih kategori yang sesuai dan berikan detail informasi produk termasuk harga. Jangan lupa cantumkan juga link nomor kontak melalui whatsapp. Setelah selesai klik posting.

  • Fast Respond

Kalau kamu sudah memasang produk jualanmu di marketplace ini, pastikan kamu memiliki akun messenger di ponselmu. Ini akan membantu kamu melayani pembeli dengan fast respond.

Biasanya pembeli yang berminat akan chat yang langsung terkoneksi dengan messenger. Jika kamu mengandalkan komputer, maka jika sewaktu-waktu ada konsumen yang tertarik akan sulit meresponnya.

Baca Juga : Cara Melihat Status Facebook Orang Lain Walaupun Tidak Berteman

Cara jualan di marketplace facebook ini pada prinsipnya sama dengan mengelola olshop lain yakni kamu harus cepat respon agar pembeli tidak lari ke pedagang lain.

  • Layanan Iklan Berbayar

Kalau kamu ingin postingan daganganmu laris manis, kamu bisa pakai menu iklan berbayar yang ditawarkan facebook. Nantinya postingan kamu akan ditampilkan di News Feed facebook.

Lalu jika barang dagangan kamu sudah sold out, facebook pun akan memberitahukan notifikasi tersebut.

  • Produk Apa yang Laris Manis?

Produk yang bisa dijual dengan sistem COD akan laris manis di marketplace facebook. Mengapa? Karena facebook secara otomatis menampilkan pedagang dalam kota pengguna lebih dulu.

Pembeli di dalam kota umumnya saat ini membutuhkan layanan delivery sekaligus bayar di tempat. Kalau kamu mau jualan di marketplace facebook ini, sangat disarankan punya kurir khusus untuk pengantaran.

Atau jika tidak demikian, kamu bisa janjian khusus dengan calon pembeli. Produk seperti elektronik misalnya, banyak menggunakan cara ini. Orang tak mau langsung membeli dan membayar, tapi melihat barang lebih dulu.

Cara jualan di marketplace facebook yang satu ini penting kamu perhatikan jika ingin mendapatkan banyak pembeli.


Jika kamu ingin serius jualan di marketplace facebook, tampilkan lah aku facebookmu sebagai sosok profil yang baik. Sebab seseorang sebelum bertransaksi biasanya akan mengecek lebih dulu akun si penjual.

Jika tampilannya tak meyakinkan, pengguna marketplace akan beralih ke akun lain yang penampilannya lebih meyakinkan.

Oleh karena facebook sifatnya hanya mempertemukan pedagang dan pembeli, tanpa menjadi perantara yang bertanggung jawab, maka pembeli sendirilah yang harus mengecek sosok pedagang yang akan bertransaksi.


Baca Juga : Cara Melihat Percakapan Rahasia Di Messengger

Perhatikan lagi bagaimana cara jualan di marketplace facebook yang diuraikan di atas. Buat postingan rutin tentang produkmu agar postingan lebih sering dilihat pengguna lain. Selamat mencoba.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tutorial Cara Jualan di Marketplace Facebook

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan catatan jangan sampe komentar kamu mengandung SPAM - Terima kasih