Monday, 11 February 2019

Ternyata Seperti Ini Cara Menggunakan Audience Insight di Facebook

Desofb.com || Sudah tahukah Anda fitur Facebook yang memungkinkan bisnis atau halaman Anda lebih tertarget?

“Facebook telah meluncurkan perangkat generasi lanjutan yang memungkinkan kita untuk menentukan target pasar, dan menceritakan kisah kita dengan fitur yang berguna, seperti video dan carousel ads (iklan carousel)” ujar Juan Jaramillo, Tim Marketing Facebook.


Fitur yang dimaksud adalah Tool Audience Insight. Dengan Audience Insight, Anda bisa mengetahui lebih dalam spesifikasi market facebook Anda, beserta audience atau pemirsa yang Anda inginkan bisa diatur dengan tool tersebut.

Sebelum beriklan, Anda bisa membuat kelompok pemirsa sesuai target penjualan. Tidak hanya satu kali pengaturan saja untuk menentukan pemirsa iklan Anda, Anda dibolehkan beberapa kali mengatur pemirsa iklan Anda, sehingga Anda bisa menjual jasa atau benda yang berbeda-beda sekaligus.

Cara Menggunakan Audience Insight di Facebook

Sudah mulai tertarik mengunakan fitur ini? Yup, memang terdengar sangat menguntungkan  berbisnis menggunakan fitur baru facebook ini.

Baca Juga : Cara Membuka Draft di Halaman Facebook

Lalu bagaimana cara menggunakan audience insight di facebook? Simak prosedur berikut ini.

Hal paling utama dalam tata cara menggunakan audience insight di facebook adalah menemukan fitur ini. fitur Audience Insight terdapat di menu “ads manager”. Setelah meng-klik menu “ads manager”, klik opsi “campaigns”.

Jika sudah, mari kita mulai mencoba fitur Audience Insight ini.

Sebelum memulai, Audience Insight memberikan Anda keleluasaan dalam menganalisa target pasar Anda.

Mari kita ambil contoh produk yang diiklankan adalah pakaian ibu hamil. Dari gender dan usia tentunya sudah harus dianalisa terlebih dulu. Pengguna pakaian ibu hamil adalah seorang wanita dan wanita dengan usia diatas 22 tahun.

  • Memilih Audience

Terdapat 3 opsi setelah Anda meng-klik “campaigns”, ada “Everyone on Facebook”, “People connected to your page”, dan “a custom audience”.

Untuk contoh yang kita ambil sebelumnya, yaitu produk pakaian ibu hamil, maka pilihlah “Everyone on Facebook”.

  • Mengatur siapa saja audience berdasarkan analisa target pasar

Telah kita analisa sebelumnya, bawasannya pemakai pakaian ibu hamil adalah seorang wanita dengan usia diatas 22 tahun.

Terdapat beberapa section yang harus Anda isi setelah meng-klik “Everyone on Facebook”. Section ini berupa gender dan usia. Tuliskan “22” dan “any” pada section usia. Untuk section gender pilihlah “Women”.

  • Pengaturan lebih lanjut

Cara menggunakan audience insight di facebook kali ini, Anda akan menemui berbagai opsi lebih lanjut agar target pasar Anda benar-benar tepat nantinya. Secara garis besar terdapat opsi “Demographic”, “Page Likes”, “Location”, “Activity”, dan “Household and Purchase”.

Pada opsi “Demographic”, Anda bisa mengetahui rentang usia dan status perkawinan pengguna facebook yang telah ter-audience oleh iklan Anda. Data ini disuguhkan dalam bentuk presentase.
Pada opsi “Page Likes” Anda bisa mengetahui fanpage apa saja yang diikuti oleh akun facebook yang masuk dalam audience Anda.

Opsi “Location” memberikan Anda informasi dimana saja audience Anda tinggal. Opsi “Activity” membuat Anda bisa mengetahui aktifitas audience Anda seperti postingan apa yang mereka sukai, apa saja yang dikomentari, dan lain-lain.

Untuk opsi “Household and Purchase” sementara hanya bisa digunakan oleh pengguna facebook di Amerika.

Itulah berbgai cara menggunakan audience insight di facebook yang dapat dengan mudah bisa Anda terapkan untuk lebih meramaikan dan mengenalkan bisnis Anda.

Dengan Audience Insight, Anda bisa mengetahui dengan sangat jelas aktivitas audience Anda. Bahkan tidak menutup kemungkinan Anda bisa jadi mengubah produk yang Anda jual dikarenakan audience facebook lebih menggemari suatu hal lain, yang sekiranya akan menghasilkan banyak untung.

Baca Juga : Cara Mengatur Status Di Facebook

Dengan analisa menggunakan audience insight, selain mengetahui hal apa yang sedang nge-trend, Anda juga bisa menyimpan daftar audience tersebut. Sehingga jika Anda mengubah penjualan Anda untuk mengikuti trend tersebut, audience sudah terkumpul, dan sesuai dengan apa yang mereka gandrungi saat ini.

Cara menggunakan audience insight di facebook memanglah sangat sederhana, dan justru menghasilkan banyak sekali keuntungan. Untuk Anda yang mempunyai bisnis, kami sarankan untuk beralih ke fitur facebook ini dalam mempromosikan produk Anda.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ternyata Seperti Ini Cara Menggunakan Audience Insight di Facebook

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan catatan jangan sampe komentar kamu mengandung SPAM - Terima kasih