Laporkan Penyalahgunaan

Marketplace Facebook di Blokir? Ini Alasan dan Cara Mengatasinya

Posting Komentar

Desofb.com || Pada 2016 lalu, Facebook telah merilis fitur baru yang dinamakan Marketplace. Dari namanya saja, kita sudah bisa menerka seperti apa fitur ini dan apa saja kegunaannya.

Ya, Facebook Marketplace merupakan salah satu fitur facebook dimana pengguna facebook bisa melakukan aktivitas jual-beli.

Dengan fitur tersebut, diharapkan pengguna facebook tidak perlu keluar dari facebook dan beralih ke aplikasi lain apabila ingin membeli barang atau menjual barang. Siapa pun bisa menjual barang disini, dan apa pun bisa Anda cari disini.

Facebook tentu memiliki peraturan dan kebijakan pada fiturnya yang satu ini. Adanya larangan untuk menjual barang-barang tertentu harus dipatuhi dalam fitur ini, kalau tidak maka siap-siap saja Marketplace Anda diblokir ayau dinonaktifkan oleh pihak facebook.

Alasan Marketplace Facebook di Blokir

Facebook memberikan kebijakan Marketplace yang tertera dan bisa Anda lihat di menu Marketplace. Facebook melarang penjaulan produk yang ilegal, produk tembakau, obat-obat an, narkoba, suplemen tidak aman, senjata bahan peledak, produk atau layanan orang dewasa, dan lain-lain.

Jika Anda menemukan marketplace facebook di blokir, bisa jadi terdapat produk-produk seperti yang telah disebutkan dalam penjualan Anda.

Baca Juga : Cara Menampilkan Marketplace di Facebook


Tidak hanya itu, facebook juga melarang adanya konten Multi Level Marketing di Marketplace. Konten yang berisi politik serta adanya permintaan informasi pribadi untuk pembeli juga tidak dibolehkan disini.

Untuk menghindari marketplace facebook di blokir, maka Anda perlu menghindari larangan-larangan tersebut dan menuruti kebijakan yang dibuat facebook.

Cara Mengatasi Marketplace Facebook di Blokir

Terdapat cukup banyak kebijakan yang diatur facebook pada fiturnya yang satu ini. bahkan konten yang berisi produk tak bermanfaat pun juga bisa menjadi alasan diblokirnya Marketplace.
Facebook melakukan tinjauan selama 24 jam setelah Anda memposting produk yang Anda jual, bisa jadi lebih lama. Dalam tinjauan tersebut, facebook akan memeriksa teks, gambar, dan penempatan iklan Anda. Jika produk Anda lolos dari tinjauan ini, maka Anda akan diberi pemberitahuan bahwa iklan Anda sudah tayang.

Sudah ditayangkan, namun tiba-tiba Marketplace Anda diblokir? Apa yang terjadi?

Sebelumnya, apakah di Marketplace ini Anda sebagai pembeli atau penjual?

Baca Juga : Cara Menyimpan Status dan Story Teman di Facebook


Jika Anda seorang pembeli dan Marketplace Anda di blokir, berikut adalah cara sederhana yang bisa mengembalikan Marketplace Anda sehingga Anda bisa melihat-lihat produk yang Anda inginkan.

  1. Setelah membuka facebook dan mengetahui Marketplace di blokir, keluarlah dari aplikasi facebook.
  2. Matikan paket data atau koneksi internet.
  3. Kemudian masuk lagi ke Marketplace facebook.
  4. Hidupkan paket data atau koneksi internet.
  5. Marketplace sudah kembali menampilkan produk-produk yang Anda cari.

Cukup banyak orang yang menilai cara ini berhasil, namun ada juga yang tidak berhasil. Berbeda alasan terblokir, berbeda juga cara mengatasinya. Inilah yang menjadikan beberapa pengguna facebook berhasil, tetapi ada juga yang tidak berhasil.

Jika Anda seorang pembeli dan tidak berhasil menggunakan cara ini, maka klik lah “Hubungi kami” pada tampilan terblokirnya Marketplace Anda.

Cara kedua untuk mengatasi marketplace facebook di blokir.

Jika Anda sebagai penjual, dan menemui marketplace Anda di blokir, maka pastikan produk yang Anda jual mengikuti kebijakan Marketplace. Jika sudah terasa mematuhi kebijakan tersebut dan masih saja di blokir. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

  1. Bukalah satu per satu setiap grup yang bergabung dengan Anda.
  2. Carilah barang yang Anda iklankan di grup-grup tersebut.
  3. Cari barang yang keterangannya bertuliskan warna merah, inilah yang menjadi tanda bahwa produk tersebut bermasalah sehingga facebook harus memblokir Marketplace Anda.
  4. Klik “isi formulir” untuk mengajukan banding, kemudian ikuti prosedur yang ada.
  5. Tunggu sampai banding Anda diterima pihak facebook.

Itulah beberapa prosedur yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi marketplace facebook di blokir. Jangka waktu untuk diterimanya banding Anda tidak bisa ditentukan, bisa 1 x 24 jam, bahkan bisa lebih.

Baca Juga : Cara Mengetahui Tanggal Lahir di Facebook yang Disembunyikan


Yang pasti, agar lebih aman, ikuti sajalah kebijakan Marketplace facebook agar kedepannya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti pemblokiran.

Related Posts

Posting Komentar